• Desember 1, 2022

Inspirasi Desain Rumah Tropis Modern yang Bikin Nyaman Dirumah

Kalau tinggal di kawasan tropis, membuat rumah tropis yang modern bisa menjadi salah satu cara untuk mensiasati cuaca serta iklim yang ada di sekitarnyal. Rumah tropis sendiri merupakan rumah yang bentuk serta elemennya di desain cocok serta sesuai dengan alam tropis. Atau bisa di bilang sebagai desain rumah asri.

Sebetulnya, hunian tapak yang ada di Indonesia memang unik karena tak banyak yang menerapkan desain tropis yang mempunyai dua musim. Saat Belanda menjajah Indonesia, para arsitek Belanda mendesain bangunan yang menyesuaikan dengan alam sekitar.

Bangunan peninggalan Belanda mempunyai langit – langit yang tinggi, jendela yang banyak dan berukuran besar seperti Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah. Arsitek menyiasati iklim serta cuaca yang tropis, angin kencang, curah hujan tinggi, serta kelembapan tinggi.

Uniknya, rumah di Indonesia sekarang ini malah tak memiliki desain tropis modern yang bisa menyiasati cuaca serta iklim tropis. Nah, di bawah ini kami akan berikan beberapa inspirasi desain rumah tropis modern yang bisa di sesuaikan di rumah kalian.

 

1.Mempunyai Taman Tropis & Selaras Dengan Alam

Desain rumah tropis modern ini memadukan hunian dengan taman tropis, pilihan tanaman tropis beragam dan juga indah. Salah satu cara menyiasatinya adalah, kalian bisa buat taman vertikal. Tak perlu heran jika arsitek merancang desain rumah modern tropis dengan tak memindahkan pohon dan malah memasukkannya ke dalam desain. Pohon dengan ukuran besar atau sedang yang ada di ruang makan, ruang keluarga, atau dapur menjadi hal biasa.

 

2.Banyak Jendela dan Langit – Langit Tinggi

Desain rumah tropis modern yang ideal dengan mempunyai jendela yang banyak untuk menyejukkan rumah. Salah satu cara untuk membuat rumah sejuk adalah dengan mempunyai ventilasi udara yang bagus.

Unsur lainnya yang bisa menambah rumah tropis modern adalah bata bata ekspos. Serta juga perabot rumah tangga dari kayu. Atau, kalian juga bisa memberikan langit – langit yang tinggi sebagai sarana sirkulasi udara di rumah kalian.

 

3.Jendela dan Pintu Kaca yang Lebar

Desain rumah kontemporer ini mempunyai jendela dan pintu kaca yang lebar sebagai akses masuk udara serta sinar matahari. Selain untuk ventilasi, pintu serta jendela kaca ini bisa menjadi akses untuk melihat pemandangan yang indah di luar.

 

4.Masukan Elemen Air Dalam Taman / Taman di Dalam Rumah / Tanaman Merambat

Kolam atau kolam ikan bisa menjadi salah satu elemen yang bisa kalian masukkan ke dalam desain rumah tropis. Ukuran kolam atau kolam ikan juga tak perlu besar. Kalian bisa siasati dengan akuarium, aquaspace, kolam kecil, gentong, dan lain – lain.

Selain itu, tak perlu heran jika melihat interior rumah tropis modern. Karena ada taman atau tanaman yang di letakkan di dalam rumah. Arsitek juga biasanya memasukkan unsur ini ke dalam rumah sebagai dekorasi serta bagian dari menghadirkan unsur rumah tropis modern.

Salah satu cara menyiasati panas adalah menghadirkan tanaman rambat di rumah tropis modern untuk menghalangi sinar matahari. Desain rumah tropis sejuk tidak hanya membuat rumah terlihat asri dengan kehadiran tanaman, namun juga lebih sejuk.

 

5.Dinding Roaster

Ada banyak cara untuk menyiasati udara panas tanpa menggunakan pendingin udara. salah satunya dengan memasang dinding roaster. Desain rumah modern tropis ini bisa menjadi sejuk karena udara dan juga sinar matahari akan bisa masuk dengan mudah.

 

Itulah beberapa tips membangun rumah tropis modern yang bisa kalian jadikan contoh. Semoga bermanfaat.